Thursday, November 24, 2016

Tugas kewirausahaan bisnis sate jepang yakitori

Bisnis Sate Yakitori
Mewawancarai pedagang sate yakitori dalam memenuhi unsur 5w+1h
Narasumber: Fagih Abdurahman Hanif (Pemilik warung sate jepang yakitori)

What   : Jenis usaha apa yang anda jalani?
Why    : Kenapa anda memilih usaha tersebut?
Who    : Siapa saja yang terlibat dengan usaha tersebut?
Where  : Dimana lokasi usaha tersebut akan dijalankan?
When   : Kapan tepatnya usaha tersebut akan dimulai?
How    : bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut?

What
Jenis usaha yang sudah saya jalani adalah dalam bidang kuliner yaitu sate jepang yakitori dengan nama sate kuruu yakitori, dimana tidak hanya sate jepang yang dapat dinikmati oleh pelanggan, dapat juga menikmati gurihnya onigiri buatan sendiri, tentunya dengan desain toko yang unik khas jepang sehingga dapat menarik banyak pelanggan mencoba sate jepang disini.
Why
Alasan saya memilih bisnis ini karena saya pikir trend anak muda jaman sekarang yaitu adalah sate jepang dari anak kecil hingga dewasa dapat mencoba sate jepang ini yang telah terkenal di daerah lain. Dari alasan itulah saya membuat bisnis sate jepang yakitori ini.
Who
Yang akan menjalankan bisnis sate yakitori ini tentu saya yang akan terlibat dalam proses produksi bahan mentah walaupun barang jadi dan ditemani oleh teman saya yang ikut bergabung dalam bisnis ini karena modal bisnis ini 50/50.
Where
Bisni ini bertempat di jl.akses ui kelapa dua depok tepatnya di seberang kampus H gunadarma. Pemilihan tempat ini dinilai saya karena letaknya strategis dekat kampus dan banyak mahasiswa ataupun pekerja yang telah selesai melakukan pekerjaannnya dapat mampir ke tempat saya karena letaknya tepat di pinggir jalan.
When
Bisnis ini sudah dijalankan sejak bulan September.
How

Cara saya dalam menjalankan usaha ini yaitu dengan menggunakan uang tabungan saya untuk modal pertama dan sedikit modal tambahan dari orang tua karena bisnis ini dikelola oleh 2 orang, saya beserta teman saya makan modal untuk pembuatan bisnis ini 50/50. Pengolahan daging diolah oleh saya dan teman saya tetapi untuk bumbu sate jepang yakitori saya memesan ke distributor tiap bulan. Sasaran utama dalam bisnis saya adalah anak remaja sampai dewasa maupun yang sudah berkeluarga terutama untuk mahasiswa karena lokasi nya tepat di sebrang kampus H Gunadarma. 
Berikut merupakan suasana warung makan sate kuuruyakitori:



Nama: Andri Wijaya
Kelas: 4ID03
Npm : 30413953

0 comments:

Post a Comment